5 Peluang Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi yang Menjanjikan

Sumber: cekaja.com
Menyandang gelar sebagai Sarjana Komunikasi merupakan suatu hal yang sangat membanggakan. Pasalnya lulusan jurusan Ilmu Komunikasi saat ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Bagi Anda yang yang menyandang gelar sebagai Sarjana Komunikasi, maka tak perlu takut untuk melangkah ke dunia pekerjaan.


Pada dasarnya Ilmu Komunikasi begitu dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, seperti yang kita tahu dalam kehidupan sosial manusia membutuhkan orang lain untuk saling berinteraksi satu sama lain. Dalam berinteraksi, manusia menyampaikan suatu pesan yang bisa saling diterima oleh satu orang dengan orang lainnya. Fenomena tersebut kemudian dikaji lebih dalam dengan suatu ilmu pengetahuan yang kita sebut dengan Ilmu Komunikasi.
Adapun cara komunikasi berdasarkan suatu teori terdapat 2 jenis, yaitu komunikasi verbal dan non verbal. Adapun yang dimaksud verbal disini yaitu pesan disampaikan dengan cara lisan dan juga tulisan, sedangkan non verbal, pesan disampaikan dengan cara menggunakan simbol dan juga isyarat.
Namun, tentu saja Ilmu Komunikasi bukan hanya tentang bagaimana seseorang menyampaikan pesan kepada orang lain, bahkan jika kita mempelajarinya lebih dalam terdapat banyak hal yang akan membuat kita cukup terpana tentang betapa kompleksnya suatu Ilmu Komunikasi jika diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan.
Dalam dunia bisnis, aspek komunikasi bahkan sangat diperlukan dalam menunjang kelancaran bisnis. Ada komunikasi organisasi, komunikasi bisnis, bahkan ada juga teknik komunikasi persuasif yang menjadi aspek paling penting untuk kelancaran mencapai target penjualan perusahaan.
Meskipun demikian, belakangan ini tampaknya masih banyak orang yang bingung dan pusing akan bekerja di bidang apa saat menyandang gelar sarjana komunikasi. Nah, bagi Anda yang masih bingung, inilah 5 peluang pekerjaan jurusan Ilmu Komunikasi yang perlu Anda ketahui.

5 Peluang Pekerjaan Jurusan Ilmu Komunikasi Paling Menjanjikan

1. Public Relation
Seorang Public Relation merupakan bidang pekerjaan yang paling dibutuhkan dalam setiap perusahaan. Fungsinya berperan sebagai seorang ahli yang mampu mengomunikasikan perusahaan kepada khalayak agar mendapat citra yang positif, tak hanya itu seorang PR bahkan akan menjadi seseorang yang bertanggung jawab dalam terlaksananya hubungan baik di dalam lingkup internal maupun eksternal perusahaan.
Mereka biasanya akan memiliki tanggung jawab yang cukup besar dalam mendistribusikan informasi terkait perusahaan kepada masyarakat luas. Pekerjaan ini merupakan jenis pekerjaan jurusan Ilmu Komunikasi paling menjanjikan, di mana hampir setiap perusahaan dalam bidang apapun pasti membutuhkan peran seorang Public Relation.
2. Business Analyst
Untuk merancang suatu produk yang mampu laris dipasaran membutuhkan seseorang yang mampu berpikir kritis serta mampu berkomunikasi dengan baik. Pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda yang menyandang gelar Sarjana Komunikasi. Seorang Business Analyst akan melakukan perencanaan dan analisa pasar terkait kepuasan konsumen dan efektivitas produk. Hal itu dilakukan sehingga nantinya bisa menjadi evaluasi serta peningkatan mutu kualitas produk agar penjualan bisa terus meningkat.
3. Copywriter 
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, komunikasi terdiri dari 2 jenis yakni verbal dan non verbal. Bagi Anda lebih dominan untuk menyampaikan pesan secara verbal atau tertulis, maka pekerjaan ini akan sangat cocok untuk Anda. Seorang Copywriter belakangan ini sangat ramai dicari banyak perusahaan terutama di era yang serba digital dan online ini.
Copywriter memiliki peran yang sangat penting untuk membantu kelancaran suatu bisnis terutama bagi yang bergerak di dunia online. Dengan teknik komunikasi persuasif, seorang Copywriter akan membuat suatu tulisan atau kata-kata yang mampu mempengaruhi orang lain untuk tertarik terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
Bukan asal menulis suatu kalimat atau kata, namun rangkaian kalimat harus dibuat dengan sangat menarik dan mampu mempersuasi orang lain. Jenis pekerjaan ini begitu asik dan menyenangkan, terutama bagi Anda yang senang merangkai kata-kata menjadi kalimat yang unik dan menarik. 
4. Event Organizer
Salah satu pekerjaan jurusan Ilmu Komunikasi yang paling menjanjikan adalah Event Organizer. Seorang Event Organizer biasanya sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak dibidang penyelenggaraan suatu acara. Kemampuan serta pengetahuan seorang ahli komunikasi yang mampu berinteraksi dan menjalin relasi dengan baik menjadikan pekerjaan ini begitu cocok dan sesuai untuk Anda yang menyandang gelar Sarjana Komunikasi.
5. Marketing Communication
Marcom atau Marketing Communication berbeda dengan seorang Sales atau Marketing yang berorientasi pada target penjualan. Seorang Marketing Communication saat ini menjadi bidang pekerjaan yang sangat dibutuhkan oleh berbagai jenis perusahaan.
Kemampuan seorang ahli komunikasi yang mampu menyampaikan pesan dengan baik kepada khalayak akan membuat banyak orang tertarik dengan apa yang mereka sampaikan. Setelah kepercayaan dan relasi terjalin dengan baik maka otomatis market pasar pun akan meningkat.
Pekerjaan ini sangat cocok dan tepat untuk Anda seorang Sarjana Komunikasi, Anda bisa mempraktikkan segala teknik komunikasi yang sudah Anda pelajari selama duduk dibangku kuliah. Anda pun bisa mendapatkan banyak pengalaman berinteraksi dengan orang banyak dan tentunya dengan beragam karakter dan persepsi yang berbeda.

Nah, itu tadi 5 peluang pekerjaan jurusan ilmu komunikasi paling menjanjikan terutama di era 4.0 ini. Jika Anda masih merasa bimbang dan ragu tentang jenis pekerjaan yang cocok untuk Anda, maka tak perlu pusing karena masih banyak inspirasi lain yang bisa Anda dapatkan di situs cekaja.com ini, seperti link https://www.cekaja.com/info/5-pekerjaan-paling-menjanjikan-bagi-sarjana-ilmu-komunikasi/ 

Di situs cekaja.com Anda bisa menemukan inspirasi lainnya terkait rekomendasi bidang pekerjaan ini. Bahkan bukan tentang pekerjaan saja, Anda bisa menemukan banyak informasi penting yang belum Anda ketahui sebelumnya. Tunggu apalagi, ayo kunjungi cekaja.com sekarang juga!


Komentar