7 Macam Pekerjaan yang Cocok untuk Jurusan Sosiologi


Jurusan sosiologi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan kehidupan sosial di masyarakat. Sosiologi menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan masyarakat. Akan tetapi, jurusan yang satu ini masih banyak kurang peminatnya. Hal itu dikarenakan mereka menganggap bahwa jurusan sosiologi tidak akan berkembang di  masa depan nantinya.

Sumber: cekaja.com
Jika kita melihat, kehidupan manusia semakin bermalas-malasan dan sungkan untuk bersosialisasi. Tentu hal ini akan mempersulit keadaan, kerasa kepala harus kalian hadapi di jaman yang modern ini. Jika berbicara soal pekerjaan yang cocok untuk jurusan sosiologi, ada banyak hal yang bisa kalian ketahui. Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Karir Pekerjaan yang Cocok Untuk Jurusan Sosiologi di 2020

1.     Advice Worker
Apasih advice worker itu? Advice worker merupakan salah satu jenis pekerjaan sosiologi sebagai salah satu konsultan, dimana kalian harus menyiapkan sebuah saran sesuai yang diperintahkan untuk dikerjakan. Pada umumnya, advice worker ini sama halnya dengan seorang penasihat yang di dalamnya membahas mengenai hukum dan keuangan di berbagai bidang seperti pendidikan, utang, kesehatan, dan lain-lain. Jika kalian bekerja sebagai advice worker, keuntungan besar bisa kalian dapatkan dengan mudah.

2.     Market Research Analyst
Jenis pekerjaan sosiologi yang bisa kalian dapatkan selanjutnya ialah Market Research Analyst. Pekerjaan yang satu ini dapat memberikan kalian keuntungan yang sangat besar apabila bisa menjalankannya dengan baik. Sistem kerja yang dilakukan pun cukup mudah dan fleksibel. Untuk kalian lulusan jurusan sosiologi sangat terbuka lebar untuk mendaftar pekerjaan yang satu ini.

Salah satu hal yang harus kalian kuasai dalam Market Research Analyst adalah menguasai riset pasar. Hal yang harus kalian lakukan seperti halnya kebutuhan sehari-hari, gaya hidup, dan lain-lain. Jika kalian mampu menguasai salah satu strategi pekerjaan ini, kesempatan besar untuk mendapatkan keuntungan akan semakin banyak.

3.    Media Planner
Salah satu pekerjaan jurusan sosiologi yang bisa memberikan kalian peluang untuk mendapatkan banyak penghasilan adalah sebagai Media Planner. Jenis pekerjaan yang satu ini dilakukan untuk menilai kebutuhan yang diperlukan oleh para klien, kalian salurkan ke media yang cocok untuk dikerjakan oleh klien tersebut nantinya. Jika kalian mampu menguasai pekerjaan yang satu ini, keuntungan yang bisa kalian dapatkan akan sangat besar.

4.    Pegawai Negeri Sipil
Siapa sangka, mengambil jurusan sosiologi juga berkesempatan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil. Pekerjaan ini biasanya ada kaitannya dengan aspek-aspek tertentu sesuai dengan dunia sosiologi. Beberapa tempat kerja yang bisa kalian ambil seperti di Kemendikbud, Kementrian Sosial, dan lain-lain. Untuk masalah gaji pastinya kalian sudah tahu. Pastinya kalian akan diuntungkan apabila bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil.

5.     Public Relations
Jenis pekerjaan yang bisa kalian dapatkan untuk jurusan sosiologi selanjutnya ialah Public Relations. Pekerjaan yang satu ini sama halnya dengan Humnas (Hubungan Masyarakat). Kegiatan yang dilakukan seperti halnya menjalankan fungsi-fungsi organisasi, hal yang berhubungan dengan kegiatan desa, dan lain-lain. Seseorang yang bekerja sebagai Public Relations harus dituntut  memiliki sikap yang baik kepada masyarakat.

6.    Lembaga Swadaya Masyarakat
Pekerjaan yang cocok untuk jurusan sosiologi selanjutnya ialah sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat. Jenis pekerjaan yang satu ini dituntut harus memiliki talenta dan kepribadian yang baik. Hal itu dikarenakan harus berhadapan langsung dengan masyarakat. Untuk masalah gaji tidak usah khawatir, kalian akan mendapatkan penghasilan yang besar bila bekerja sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat.

7.    Human Resources Officer
Ketika kalian bersekolah mengambil jurusan sosiologi, kalian bisa berkesempatan menjadi Human Resources Officer. Pekerjaan yang dilakukan pun tidak terlalu sulit, beberapa diantaranya adalah melakukan rekrutmen, pembayaran, membuat laporan, dan lain-lain. Kalian tidak usah mengkhawatirkan soal gaji sebagai Human Resources Officer. Pastinya kalian akan mendapatkan gaji yang besar!


Manfaat Mengambil Pekerjaan Yang Cocok Untuk Jurusan Sosiologi
Jurusan sosiologi tidak menjadikan kalian akan rugi di masa depan. Justru manfaat yang bisa diambil akan sangat besar oleh kalian. Selain penghasilan yang besar, kalian juga dapat dipercaya oleh masyarakat.

Bagi anda yang tertarik dengan pekerjaan yang cocok dengan jurusan sosiologi bisa membawa artikel dibawah ini yang memberikan informasi lebih lengkap :

Cekaja.com adalah sebuah platform finansial di Indonesia yang bermanfaat bagi orang dalam mengatur atau mengelola finansial dengan cara yang lebih baik.


Komentar