Jenis Pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat yang Perlu Diketahui


Sumber: cekaja.com
Pekerjaan jurusan ilmu filsafat memberikan peluang menarik untuk digeluti. Tugas pokok pekerjaan ini lebih berhubungan dengan permasalahan umum yang terjadi di masyarakat. Prakteknya di lapangan ternyata begitu banyak. Bagi sahabat yang mengambil jurusan filsafat tidak perlu khawatir, berikut ini detail pekerjaan untuk digeluti. Silahkan pilih yang terbaik bagi sahabat sekalian.

Pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat Dihubungkan Dengan Perusahaan

Pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat itu digunakan juga untuk keperluan perusahaan. Biasanya berhubungan dengan lini human resource department (HRD) dan marketing. Jadi sahabat masih bisa loh berkontribusi untuk kemajuan perusahaan. Bagaimanakah penjelasan kedua fungsi perusahaan untuk area ilmu filsafat? Inilah rinciannya:

1. Untuk Proses Rekrutmen Sumber Daya Manusia Yang berkualitas
Pekerjaan pertama yang bisa dilakukan oleh lulusan ilmu filsafat dalam organisasi bisnis lebih ke arah rekrutmen. Mereka akan membuat suatu alat yang dapat dipakai untuk memprediksi potensi calon karyawan. Apakah seorang individu itu sesuai dengan yang diinginkan pihak-pihak yang berkepentingan.
Calon karyawan dilihat kemampuan aslinya melalui program magang atau percobaan terlebih dahulu. Setelah itu ahli filsafat yang memposisikan dirinya sebagai rekrutmen pegawai ini dapat menarik kesimpulan akan potensi calon pegawai selama masa percobaan. Kebijakan akhir yang terbaik mereka hadirkan terkait calon pegawai.
Kebijakan tersebut biasanya akan didiskusikan dengan orang-orang HRD. Biasanya terkait job yang tepat, masa kerja, gaji, insentif, dan fasilitas. Semua itu diberikan yang paling baik, sehingga kedua saling menerima, dan membentuk kerjasama solid demi tujuan utama perusahaan.

2. Pekerjaan Bidang Marketing
Individu yang mendalami ilmu filsafat bisa bekerja pada perusahaan sebagai eksekutif marketing. Meraka akan membuat strategi, perencanaan dan beragam alat untuk mengeksekusi produk atau jasa supaya diterima dan laku di pasaran.
Ketika membuat rangkaian strategi, mereka biasanya melihat fenomena masyarakat terkait penerimaan produk atau jasa. Segala riset dilakukan bersama mereka yang ahli dalam ilmu pemasaran. Setelah menemukan titik terang, kolaborasi dilakukan untuk melakukan target dan action. Dengan begitu tidak ada lagi namanya celah untuk gagal memenangkan target market.

Pekerjaan Yang Sesuai Dengan Bidang Ilmu Filsafat

Pekerjaan jurusan ilmu filsafat dapat dipakai untuk profesi pengajar dan wartawan. Kedua bidang kerja ini mempunyai kaitan erat dengan filsafat. Jika posisinya sebagai pengajar sudah pasti ilmu filsafatnya murni terpakai. Kalau wartawan tetap bisa digunakan tetapi lebih ke arah mempelajari fenomena nyata yang terjadi untuk ditarik kesimpulan. Seperti penjelasan berikut ini rincian dua pekerjaan seorang filsafat.

1. Tenaga Pengajar Ilmu Filsafat
Ketika seseorang memutuskan untuk menekuni profesi pengajar. Dalam hal ini tenaga dosen, maka segala ilmu filsafat otomatis langsung terpakai semuanya. Bahkan inovasi dalam pengajaran ilmu filsafat dapat diterapkan.Segala upaya untuk mentransfer ilmu kepada siswa dapat dilakukan secara maksimal. Pandangan seseorang pengajar tentang filsafat entah itu memakai pendekatan baru atau lama dapat ditransfer kepada siswa didiknya.
Sehingga hal ini menjadi angin segar bagi para lulusan filsafat. Setelah lulus dari kuliah S1 mereka dapat melanjutkan studi S2. Setelahnya kesempatan besar akan menanti sebagai seorang dosen pada suatu universitas. Nah, besar sekali bukan peluangnya? Jadi tidak perlu khawatir ya.

2. Profesi Wartawan
Seorang wartawan itu tidak harus memiliki latar belakang jurnalistik. Seseorang yang telah lulus menempuh pendidikan filsafat bisa menjadi wartawan. Hal itu dikarenakan kemampuan mereka begitu mumpuni dalam melihat data nyata. Data berupa ragam peristiwa dalam segala bidang, ekonomi, politik, sosial budaya, hukum, dan masih banyak lagi.
Data tersebut mereka olah dan ditafsirkan dalam bentuk informasi terpercaya. Informasi yang mereka sampaikan tidak sampai menimbulkan pertentangan. Karena cara pandang dan penyampaiannya memakai pendekatan filsafat. Ketika kalian mendaftarkan diri sebagai wartawan. Biasanya menduduki posisi junior dahulu. Setelah track record dan kualitas teruji. Posisi senior dapat dengan mudah diduduki.
Bagaimana pekerjaan jurusan ilmu filsafat sangat beragam bukan? Sahabat tidak perlu khawatir meskipun ilmu yang dikuasai berupa filsafat. Yang merasakan manfaatnya bisa orang banyak. Jadi sahabat tetap berhasil untuk berkontribusi dalam setiap bidang kehidupan. Jadi tidak perlu bingung atau khawatir ya. Masa depan cerah siap menanti sahabat sekalian dimanapun berada.
Jika Anda masih butuh informasi jenis pekerjaan apa saja yang sesuai dengan keahlian, Anda dapat menggunakan layanan cekaja.com di link ini
Cekaja.com adalah portal informasi terpercaya untuk membantu Anda dalam membuat keputusan finansial terbaik. Situs ini melayani pengajuan produk-produk finansial yang pastinya menguntungkan Anda kedepannya.

Komentar